Kamis, 24 November 2011

mimpi yang terlupakan

judul diatas lebih pantas buat judul lagu. seperti "mimpi yang sempurna", lagunya peterpan atau "yang terlupakan" lagunya Iwan Fals. yang jelas kata-kata itu sersirat dalam benak gue dan langsung gue inget-inget dan coba menafsirkan. peristiwa apa yang yang memicu kata "mimpi yang terlupakan".
nah...  tepatnya sembilan tahun yang lalu gue punya teman namnya Rizky Rahadian Azmy. dia temen gue di smp 30 Jakarta. waktu itu gue sekelas ama dia di kelas I-10. gue heran ama dia, kenapa dia mau temenan ama orang kaya gue? perlu gue ceritakan waktu itu gue sangat ndeso, dekil, bego , and tidak tampak seperti murid SMP di jakarta pada umumnya. mereka cakep-cakep dan bersih.  gue lebih mirip penggembala kambing yang kesasar di jakarta. terang aja waktu itu pertama kali gue pindah dari kampung ke jakarta untuk melanjutkan sekolah (gue waktu itu nekat  ngerengek-rengek mintak disekolahin di jakarta. waktu itu gue Jebol lolos seleksi dari Daerah). balik ke si Rizky, dia baik banget mau temenan ama gue. ciri-ciri tu anak kalo gak salah orangnya putih, gemuk, berkacamata dan tinggi. ditambah dia pinter dan tajir (waktu itu sering dijemput mobil ama supirnya). nah, waktu pelajaran bahasa inggris gue gak bisa ngapa-ngapain, cuma celinguk sana celinguk sini. gue gak bisa bahasa inggris. bahasa inggrisnya Bakso? bahasa inggrisnya tukang daging? bahasa inggrinya kepala sekolah? .. gue gak ngerti. kalo pas giliran gue jawab soal dari LKS si Rizky selalu ngebantuin gue .. kasih contekan dan ngajarin gue. sampe-sampe waktu itu gue dianterin pakek mobilnya ke toko buku buat beli Kamus bahasa Inggris.
     terus apa lagi ya? oh iya, nggak cuman sampe disitu aja. pokoknya bayak banget cerita gue ama dia. bukannya gue Homo suka ama dia terus gue ceritain atau bukannya gue lebay juga. tetapi ini ada hubungannya dengan judul diatas, mimpi yang terlupakan (kagak nyambung Bego!!!).
ehemmm... suatu hari disekolah gue suasananya berbeda (jreng.. )

sehari , dia gak masuk, dua hari, tiga hari, sampe seminggu waktu itu. setiap pelajaran bahasa inggris gue gak ada yang ngebantuin. (mungkin sama kaya perasaannya Nobita waktu ngerjain ulangan matematika).
muka gue pucet, keringat menetes dari dahi gue. (lebay)
gue penasaran banget kenapa kok si Rizky gak pernah masuk. akhirnya gue mutusin untuk nanya ke temen deketnya yang juga tetangganya. namanya Fany (sekarang di Universitas Indonesia, jurusannya gw gak tau udah lost contact juga). si fany cakep banget, manis dan pinter. "fan, si rizky kok gak masuk sekolah terus? ", terus fany jawa pada pokoknya seperti ini gw dah lupa jawaban detailnya (9 tahun lalu)
"lah? kamu nggak tau ya? si Rizky tuh pindah ke Hongkong. ortunya kerja di Deplu, pindah tugas dan katanya disana cuma dua tahun terus akan pindah lagi ke Perancis?"

alamak... ternyata dia pindah k luar negeri. yang ada dalam pikiran gue waktu itu gue merasa bangga dan senang. ternyata sobat gue ke luar negeri (maklum gue cuma anak petani jadi masih terheran-heran dan terkagum-kagum).

1 tahun. 2 tahun kemudian.
gue dapet kiriman. dari hongkong. gue gak ngerti dari mana si Rizky tau alamat gue?
amplop isinya duit Dolar hongkong dan Gantungan Kunci (sekarang dah hilang)
wah.. gue bangga setengah mati. amplopnya gue tunjukin ke Emak gue.. " mak saya punya temen smp dulu sekarang tinggal di hongkong". emak gue juga seneng anaknya dapet kiriman uang dolar hongkong.
terus dia nelpon gue pas lebaran
waktu itu no tlp rumah gue 9102947 (ratelindo sekarang jadi Esia milik keluarga Bakrie)
"Halo apri, gue Rizky apa kabar kmu? "
" Ia ki, makasi ya kirimannya kmu lagi ada dimana?"
"aku lagi di jakarta nih, di Kelapa Gading, tapi besok berangkat lagi ke Hongkong"
"wah hati-hati ya ki, sory aku lagi di kampung nih, bukan di Jakarta" (waktu itu gue tinggal di jakarta pas sekolah,. rumah saudara jauh bapak gue, gue numpang 6 tahun sampai lulus SMA. tempatnya Kec. Koja daeranya kumuh bgt. kalo liburan gue balik ke kampung )
"ia pri, kmu juga ya, smoga sukses Minal Aidin Walfaidin, salam buat keluarga"

itu terakhir kali gue bicara ama Rizky. waktu itu gue kelas 3 SMP.
gue inget dulu kita satu kelompok mata pelajaran BPBK  ama Reza (lost contact), Adam (lost contact), Refki (lost contact, kabarnya sekarang jadi Dokter dan dua kali kelas Akselerasi).
masing-masing dri kita disuruh bikin namtage gede banget. nametag nya bukan nama kita tetapi cita-cita kita. gue ngeprint (waktu itu perlembar print warna Rp. 3000, sumpah mahal banget) kertas dan di tempel pakek kertas kardus ukuran 20 kali 7 cm. gue lupa masing-masing mereka nulis apaan yang gue inget si Rizky nulis Diplomat di nametag nya. "wah Hebat Banget kau ini nak, mau jadi diplomat" kata guru BK gue (namanya Ibu Darilah , Sc, titelnya gue lupa, padahal dulu inget banget karena yang namanya gelar adalah  sesuatu yang mengagumkan di mata anak seumuran gue).

nah Mimpi-mimpi temen-temen gue yang di tulis di Nametag gue udah lupa. dan muncul pertanyaan dalam diri gue. gue dulu nulis Insinyur, nah sekarang kok kuliah di fakultas Hukum? nah loh?  terus apa kabar ya mimpi-mimpi temen gue yang lainnya? kalo gue perhatiin sih mereka ada yang di terima di UI, ITB, IPB dan lain-lain. gak tau apakah jurusannya berhubungan dengan mimpi masa SMP dulu? .gue sendiri di UGM yogyakarta.  nah si rizky apa kabar ya dengan mimpinya? yang jelas gue sudah mencoba men search namanya di FB and google. tetapi gak muncul. ada juga bukan dia, tapi orang laen...
bukan mimpi yang sekarang berbelok arah, tapi intinya adalah spirit atau semangat teman-teman gue juga termasuk gue dalam menjalani hidup. jiwa saling tolong menolong waktu SMP, dimana orang pintar gak pelit ilmu dan mau mengangkat orang yang lemah dan menyadarkan kalau kita bisa. waktu kecil sama sekali tidak ada rasa individualis (sekarang sudah dewasa, ingat  persaingan semakin ketat ya)

Mudah-mudahan suatu saat gue bisa ketemu lagi ama temen gue itu , Rizky Rahadian Azmy yang dulu sekolah di SMP 30 Jakarta. Hi Rizky, how are you? are you still remember me? please send massage to
0856 768 42 64, I want to know about your dream.
Mimpi yang terlupakan.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar